Program Tebar Kurma Ramadhan 1440 H

Alhamdulillah, Pondok Pesantren Imam Asy Syafi’i Genteng telah melaksanakan Program Tebar Kurma Semarak Ramadhan 1440 H.

Sebanyak 120 Kg kurma dibagikan diwilayah Banyuwangi, dan 340 kg untuk kegiatan buka bersama dimasjid AL Bahri PPIA Genteng.

Untuk diketahui, memberi makan orang yang berpuasa merupakan salah satu amalan utama  di bulan Ramadhan.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Kemudian, makanan berbuka yang disunnahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam adalah kurma.

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan. (HR. Ibnu Majah, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan An-Nasai).

Maka bersedekah dengan kurma untuk berbuka bagi orang yang berpuasa insya Allah akan diganjar pahala yang berlipat ganda dan dijauhkan dari api neraka.

اتَّقوا النَّارَ ولو بشقِّ تمرةٍ ، فمن لم يجِدْ فبكلمةٍ طيِّبةٍ

“jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016).

Leave a Reply

Your email address will not be published.