Guru PPIA ikuti Pelatihan Bahasa Arab di STDI Imam Syafi’i Jember

Bismillahirrohmaanirrohim .
Assalaamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh .
Dengan ini kami ingin menyampaikan laporan kegiatan seminar “Metode Pengajaran Kitab Al ‘Arabiyyatu Baina Yadaika” yang kita ikuti dalam rangka meningkatkan kompetensi guru bahasa arab di lembaga kita.
Peserta guru yang berangkat 3 orang:

  1. Ust. Moh. Yahya
  2. Ust. Irfan Hariyanto
  3. Ust. Amir Surawan
    Berangkat dari PPIA Pada hari sabtu, 9 Nopember 2019 pukul 14.00, sampai di lokasi seminar, STDI Imam Syafi’i Jember pukul 17.30 ba’da maghrib dan langsung mengikuti ceramah umum berbahasa arab dengan tema “Genderitas dalam bahasa arab” hingga pukul 20.00. Setelah itu dilanjutkan dengan ramah tamah bersama tuan rumah yang terdiri dari sebagian dosen dan mahasiswa hingga pukul 23.00, kemudian dilanjutkan istirahat. Pada hari selanjutnya yaitu Ahad, 10 Nopember 2019 acara dimulai pukul 08.00 bertempat di aula STDI Imam Syafi’i Jember hingga pukul 11.30. Kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuhur dan makan siang. Setelah itu peserta utusan pulang ke Genteng bersama beberapa mahasiswa STDI yang mengajar di pondok ini.

Sekelumit dari apa yang dapat kami rangkum dari kegiatan seminar tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Dengan seminar seperti ini peserta benar2 mendapatkan ilmu baru dalam pengajaran bahasa arab.
  2. Bahwa pengajaran bahasa arab mesti dilakukan dengan langkah2 dan tahapan yang terukur berdasarkan kompetensi peserta didik mulai dari pemula, hingga lanjutan.
  3. Bahwa untuk menguasai 4 kemahiran dalam berbahasa arab (bicara, mendengar, menulis dan membaca), membutuhkan kesimbangan dalam praktiknya.

Demikian laporan singkat tentang perjalanan duta bahasa dalam rangka mengikuti seminar bahasa arab selama 2 hari di kampus STDIIS Jember. Semoga apa yang kita usahakan menjadi update metode pengajaran bahasa arab yang lebih baik di lembaga kita ini.
Terimakasih atas seluruh dukungan yang telah diberikan.

Genteng 10 Nopember 2019.
Guru Peserta Dauroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.