“Raih Juara 1 di Beberapa Cabang Lomba Santri MI Mutiara Imam Asy Syafi’i Menjadi Kado di Hari Guru Nasional”

ekan Olahraga dan Seni (Porseni) MI Tahun 2021

Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi melalui Bidang Pendidikan Madrasah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, olah raga dan seni.

Diantara kegiatannya yang akan dilakukan adalah Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021. Kegiatan ini berupaya memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot, otak dan seni peserta didik madrasah dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi madrasah. Ajang ini juga merupakan salah satu proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri.

Dengan varian cabang yang diperlombakan dimaksudkan membuka peluang yang sebesar-sebesarnya bagi potensi siswa yang dimiliki madrasah agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing serta menumbuhkembangkan kreativitas mereka.

Dengan tema “Menumbuh kembangkan sportif, kerja keras, kreatif, Mandiri dan berprestasi” peserta didik dalam mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi” berharap terhadap peserta didik untuk mengembangkan bakat, ketrampilan, kepribadian, olahraga serta seni secara optimal. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta yang memiliki bakat, minat dan prestasi di bidang olah raga dan seni sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ada 13 cabang yang dilombakan. Cabang olah raga yang dipertandingkan bulutangkis, tenis meja, lari 80/60 meter dan catur. Sedangkan cabang seni meliputi MTQ, pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, kaligrafi, tahfidz, melukis, puisi, dan menyanyi lagu islami.

MI Mutiara Imam Asy Syafi’i sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang aktif ikut berpartisipasi dalam Ajang Porseni tiap 2 tahunan ini. Dari 13 cabang yang dilombakan, kami hanya mengikuti 10 cabang lomba saja yaitu bulu tangkis, tenis meja, dan lari 80/60 meter. Sedangkan cabang seni meliputi pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, kaligrafi, tahfidz, melukis, dan baca puisi.

Dan alhamdulillah putra-putri terbaik kami meraih prestasi pada ajang ini. 5 anak raih juara 1 (emas), 2 anak raih juara 2 (perak), 2 anak raih juara 3 (perunggu), dan 5 anak raih juara harapan.


Hasil ini patut kita syukuri karena buah kerja keras dari stakeholders yang ada mulai santri, asatidzah/guru, wali santri, dan madrasah.

Hal ini juga merupakan kado bagi asatidzah/guru di Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang qadarullah pelaksanaan Porseni pada tanggal 25 November 2021.

5 santri yang meraih juara 1 nantinya akan mewakili Kecamatan Genteng di Porseni Tingkat Kabupaten Banyuwangi. Yang insyaallah akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 Januari 2022. MI Mutiara Imam Asy Syafi’i nantinya juga akan menjadi venue/tempat pelaksanaan Porseni Tingkat Kabupaten.


@ BAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.